Mengenai Saya

Foto saya
Class of 92 Ignatius Slamet Riyadi High School.

Kamis, 29 September 2016

Logo, Grup FB, Blog dan printilan reuni

Setelah kemarin seharian diskusi via Whatsapp tentang logo alumni akhirnya pilihan jatuh pada logo diatas ini. Errr...yah lumayanlah. Sore sepulang kantor nyempetin ketemu sama Lylia buat ngobrol tentang proposal reuni.  Telp sana sini, ngerayu Vidy, Indra Mandra, Mahesa buat gabung di pertemuan hari Minggu besok tgl 2 Oktober 2016.  Ceritanya mau bikin panitia kecil reuni...(iya kecil aja..secara emang nggak banyak juga warganya :p..)
Intinya, pada mau bantuin, itu yang penting. 

Oiya, Ita Dwinita salah satu alumni juga berinisiatif bikin Grup FaceBook namanya SMAK IGN. Slamet Riyadi, sampai pagi ini ada 61 members yang bergabung. Eniwei, Heince sempet whatsapp kasih usul bahwa kita perlu design backdrop dan buat photobooth.  DARRR!! Ok no problemo!

Sambil coret-coret proposal, saya cari tahu hal penting apa aja demi kesuksesan acara reunian.  Ada 10 points, gaeess..


1. Pembentukan Panitia 
Jumlah nggak perlu banyak deh ya, cukup 5-8 orang. Jangan sekampung juga, ntar dikira mau tawuran..

2. Pengumpulan Data
Kerjaan yang cukup makan waktu tenaga, pikiran dan pulsa. Kumpulin data dari buku murid sekolah, no.telp updated, email, buku kenangan sekolah (kalo ada..), sosial media (Facebook, Path, Instagram, Line, Snapchat, Twitter, Tumblr, ....Tinder...iishh yang terakhir jangan ya :p) dan yang penting adalah inget nama temen2 kita. Jangan nama panggilan sayang lho..

3. Cari Tempat
Ada 3 alternatif tempat nih ; Sekolah, Cafe, Aula/Hall. Di sekolah bisa pake aulanya, dan kita mesti ngurus perizinan ke pihak sekolah dulu. Kalo bikin di hari Minggu mesti antisipasi ketika bentrok sama kegiatan ekskul. Kita juga harus siapin peralatan dan perlengkapan, bayar petugas angkut barang, kebersihan dan keamanan, tergantung lokasi sekolah juga, gaes..ditambah fasilitas pendukung seperti meja kursi, proper nggak sih?
Cafe? Pasti temenan banget sama budget yaitu mahal. Nggak ada nostalgia bangku sekolah atau semut2 di dinding menatapku curiga *nyanyik*. Belum lagi kesenjangan sosial. Buat alumni yang  dijaman sekolah masuk kategori kurang mampu biasanya jadi segan mau dateng ke reuni.  Yang terakhir nih kalo di cafe jadi kurang kebersamaannya.  Layout meja kursi yang dikelompok-kelompokan bikin peserta alumni kurang menyatu..seperti hatimu dan hatiku  Ok skip deh ya. Yang terakhir adalah Aula atau Gedung Pertemuan.  Komprominya kalo di Aula kita bisa setting layout kursi sendiri, meja makan buat prasmanan sendiri dan biasanya gedung pertemuan udah ada perlengkapan sendiri, kita tinggal pesen makanan prasmanan atau snackbox. Suksukit lah..

4. Waktunya kapan?
Persiapannya bisa 6 bulan sebelum hari H supaya 2 bulan bisa ngumpulin data, 2 bulan nentuin waktu, acara, booking tempat dan perlengkapan pleuus.. 2 bulan lagi untuk ngumpulin dana. Hari Minggu atau Sabtu bisa banget jadi pilihan kecuali kalo bentrok sama undangan kawinan, sunatan, ultah, arisan, atau reuni yang lainnya :).  Paling penting adalah pemilihan tanggal.  Misalnya tgl 5 Februari. Tgl muda isi dompet senyumnya masih lebar dong ya. 

5. Pendanaan...fiuuhh cari duit intinya :)
Ini dia! Sumber dana bisa dari kesepakatan bersama, sponsor atau jualan asesoris reuni.  Alumni setuju mengumpulkan uang pendaftaran atau sumbangan seikhlasnya. Panitia mesti nyiapin minimal 2 rekening bank, misalnya BCA atau Mandiri. Batas waktu pendaftaran 1 atau 2 minggu sebelum hari H.  Dari situ bisa dikira2 deh berapa jumlah peserta reuni. Sumber dana yang berikutnya dari Sponsors.  Biasanya alumni bisa numpang promosi usahanya atau dari pihak ketiga, misalnya perusahaan rokok, media massa atau bank. Sponsor bisa kasih uang ke kita dengan barter promosi. Jualan asesoris reuni lebih untuk nambal kekurangan saat berlangsungnya acara. Biasanya yang dijual adalah topi, pin, mug, sticker. 

6. Cara Mengundang
Medianya bisa lewat grup FB, sebarin blog alumni, sms, whatsapp atau BBM. Pake bahasanya yang semi formal, mengantisipasi kalo ternyata temen kita udah jadi pejabat, orang penting atau selebritis lalu diundang dengan kalimat "Vroh.., gw ngjak elo kongkow, dtg ye jgn kgak lho! Awas aj gw tampol smp kgak nongol lo!!!!" 
Boro2 mau dateng, yang ada dia malah kabur.

7. Acara
Acara reuni nggak ribet kok, yang penting para ndangan bisa ketemu, ngobrol kesana kemari, foto-foto, ada musik, makanan, beres! Supaya nggak berkelompok-kelompok diperlukan seorang MC yang bisa ngarahin suasana. Acara nggak perlu panjang2, biasanya ada spontanitas dari alumni misalnya, nyanyi bersama, games atau sekedar doorprize.
Contoh sederhana :
8.00 pendaftaran & pembagian snack
8.30 pembukaan oleh MC
8.40 sambutan ketua panitia dan doa
8.50 sambutan guru/sesepuh
9.00 tukar cerita masa lalu dipandu MC
10.30 ramah tamah 
11.00 penutup & doa
11.10 mengisi formulir data base
11.20 foto bersama
11.30 selesai

8. Perlengkapan
Kursi, meja, panggung, lay-out, sound-system, mic, goodybag, papan nama, cinderamata, komputer, in-focus (kalo mau bikin slide show), dokumentasi photobooth atau piagam penghargaan.
 
9. Evaluasi.
Sesudah acara panitia perlu kumpul2 deh untuk evaluasi, introspeksi dan menilai proses persiapan reuni sejak awal sampai acara kelar.  Kesuksesan reuni bisa dilihat dari prosentase kehadiran alumni bukan saldo akhir. Inget ya..Reuni itu kerja sosial bukan bisnis. Ehem!

10. What Next??
Puas kangen-kangenanya? Nggak dong. Demi tetap menjaga tali silaturahmi sesama alumni jangan lupa untuk update info lewat FB, ngisi database, saling berkunjung atau berkabar lewat media komunikasi. 
Gampang kan?

Pokoknya gaaaeess..., JANGAN KASIH KENDOOORR YAAAA....SEMANGAT TERUS!

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar